Solusi keborosan baterai pada android, cara kalibrasi baterai dengan manual

1

Salah satu faktor terpengaruh dari pengguna smartphone seperti android ini ialah baterai-nya yang membuat si pengguna tidak nyaman. Ketidak sesuaian baterai dengan spesifikasi yang tidak mumpuni seakan membuat daya baterai menjadi tidak beraturan dan menyebabkan baterai menjadi DROP alias rusak. Berikut ini adalah berapa hal yang mempengaruhi baterai menjadi drop alias rusak.

  • Penggunaan baterai yang tidak wajar.
  • Cas pengisi daya tidak cocok.
  • Mengisi daya tidak beraturan
  • Bermain game yang menggunakan jaringan data atau koneksi internet sehingga handphone menjadi panas.
  • Mencopot cas pada saat mengisi daya baterai, padahal daya baterai masih belum terpenuhi.
  • Menggunakan aplikasi dengan menggunakan service yang berjalan di latar belakang sehingga ruang kosong pada RAM menjadi sempit dan mengakibatkan handphone menjadi panas.

Beberapa faktor di atas, masih banyak faktor lain yang membuat daya baterai menjadi tidak beraturan atau DROP. Disini kita akan mencoba kalibrasi baterai dengan cara manual dan sudah di tes oleh beberapa orang dan hasilnya memang memuaskan dan berhasil. Kalibrasi maksudnya ialah menyetel ulang baterai kita agar seperti baru lagi tanpa membeli baterai baru lagi.

Bagaimana cara kalibrasi baterai dengan cara manual?. simak baik-baik langkah langkah di bawah ini.

  • Habiskan daya baterai dari perangkat android kamu sampai benar benar habis. Jika dalam keadaan mati masih bisa di hidupkan artinya masih ada sisa-sisa daya baterai-nya.terus hidupkan handphone dalam keadaan mati sampai benar-benar tidak bisa di hidupkan lagi alias daya sudah kosong dan tidak ada sisa-sisa daya baterai lagi.
  • Copot baterai dari handphone kamu dan diamkan kira kira 30 menit atau sampai 1 jam dan biarkan saja.
  • Apabila sudah di diamkan dalam waktu yang cukup lama, Segera pasang baterai ke ponsel kamu.
  • Kemudian Cas ponsel dalam keadaan mati sampai benar-benar daya baterai terpenuhi 100%. Ingat, cas dalam keadaan ponsel mati.
  • Jika daya baterai sudah terpenuhi atau 100% maka, segera hidupkan handphone kamu dan tara, baterai kamu sudah menjadi seperti baru lagi.

Langkah-langkah kalibrasi baterai di atas sudah saya tes sendiri dan hasilnya sangat beda dengan sebelum di kalibrasi. baterai menjadi lebih irit dan handphone tidaklah mudah panas lagi. Dari tutorial di atas, semoga dapat bermanfaat kepada kamu yang sudah mengikuti tutorial ini dan terimakasih atas kunjungannya.

1 Comment
  1. Zuhrul Anam says

    biar baterai android ga boros kalau lagi di cas jangan dimainin , saran sih mending isi daya baterai sampai terisi penuh kalau dimatiin juga lebih baik, btw thanks gan jadi ngerti penyebaba baterai android yang lain jadi boros

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 2 = 7