Membuat ImageView dengan mudah

Tutorial mudah membuat ImageView di pemrograman xml android. Dalam koding kali ini kita akan mempelajari kode xml yaitu menambahkan gambar kedalam layout dengan menggunakan ImageView.

Sebelum kita mulai, alangkah baiknya kita mengetahui atribut dari kode Imageview tersebut  yang perlu kita ketahui yaitu meliputi

  • src yaitu kode untuk menambahkan suatu gambar dari folder drawable secara default-nya. contohnya kita mempunyai gambar yang di beri nama “foto.png kemudian di simpan ke dalam folder “res/drawable/disini”. maka kodenya adalah

    Dan ingat, tanpa format png.

Dari Sekilas penjelasan di atas saya kira sudah kita sudah memahaminya cara menambahkan gambar dengan kode src. Kita mulai tutorial ini dengan proyek baru untuk mencoba membuat ImageView-nya.

 

Membuat Proyek Baru

Pertama-tama kita membuat proyek baru dengan memberi nama “Contoh ImageView” dan Package  isi dengan sebagai contoh saya memberi “com.engkungs.ImageView”. Atau terserah jika mau mengganti nama aplikasi dan nama packagenya tidak seperti di atas.

Menambahkan Gambar

Ambil sebuah gambar/foto atau terserah gambar apa saja. Kemudian beri nama gambar tersebut menjadi “foto.png”. Setelah mengganti nama foto tersebut, kemudian pindahkan gambar tersebut ke dalam folder “res/drawable/disini“. Lanjut Langkah berikutnya.

Mengubah Layout

Setelah kita menaruh gambar di atas, sekarang kita buka “res/layout/main.xml”. Setelah jendela editor terbuka hapus semua kode di dalamnya. Selanjutnya Kita membuat layout baru dengan elemen LinearLayout dengan orientasi vertikal.

Setelah Kita membuat layout vertikal, Selanjutnya kita menambahkan kode ImageView-nya di dalam elemen LinearLayout seperti di bawah ini.

Ingat, kita menambahkan ImageView di dalam Layout bukan di luar layout atau di atas kode </LinearLayout>. Dan hasilnya akan menjadi seperti ini.

Penjelasan kode di atas kita mengatur ukuran gambar dengan kode “match_parent” yang artinya gambar tersebut memenuhi layar. dan kita menggunakan kode android:layout_weight=”1.0″ pada masing masing gambar agar gambar tersebut bisa menyesuaikan ukurannya agar terlihat semua. Langkah terakhir yaitu kita run project yang telah kita buat tadi dan jalankan aplikasi.

Dari tutorial kali ini, apabila ada yang masih perlu di tanyakan silahkan bertanya di komentar mengenai tutorial ImageView.

Baca Juga :  Tutorial lengkap android studio webview sederhana

Tinggalkan komentar

26 − 18 =