Membuat Toast sederhana dengan mudah di android

Toast merupakan sebuah munculan yang bermunculkan teks yang sudah di modifikasi oleh pengembang untuk memberitahukan sesuatu kepada pengguna dalam sebuah aplikasi. Toast ini mempunyai dua versi dalam sebuah pemrograman android yaitu

  • Toast berdurasi pendek. Yaitu Toast ini bermunculun dalam waktu yang cukup pendek dengan kode java-nya yaitu LENGTH_SHORT. Sedangkan yang satunya lagi yaitu.
  • Toast berdurasi lama. Yaitu Toast yang bermunculan dalam waktu yang cukup lama dengan kode java-nya yaitu LENGTH_LONG.

Untuk membuat Toast hanyalah menggunakan kode di java class yang di panggil melalui method-method tertentu untuk memanggilnya. Toast ini biasa di panggil melalui fungsi if contohnya pada aplikasi browser, apabila koneksi internet tidak ada maka Toast akan di panggil otomatis melalui fungsi if dengan teks yang berbunyi “Koneksi terputus, hidupkan koneksi internet anda untuk memulai berselancar”. Itulah contoh Toast yang di gunakan dalam aplikasi browser. Di bawah ini adalah kode Toast sederhana.

Perhatikan kode di atas, kode LENGTH_SHORT adalah berdurasi pendek karena kita menggunakan SHORT dan sebaliknya, jika kita menggunakan kode LENGTH_LONG untuk menampilkan Toast berdurasi lama, maka kodenya seperti ini.

Jika sudah memahami tentang sedikit penjelasan di atas, pastinya kita sudah mengerti untuk membuat Toast dengan fungsinya. Di sini kita akan mencoba membuat Toast yang di panggil melalui fungsi onClick dari sebuah Button dengan membuat Proyek aplikasi baru agar kita benar benar memahaminya dengan rinci.

Baca Juga :  Perbedaan antara Padding dan Margin dalam pemrograman android

Pertama-tama buatlah proyek baru dengan nama”Contoh membuat Toast” dan isi package-nya sebagai contoh kita menggunakan “com.engkungs.toast” untuk menyesuaikan pada praktik kali ini. Lanjut mengatur layout, di sini kita menggunakan dua button untuk memanggil Toast dan masing-masing button tersebut mempunyai fungsi yang berbeda yaitu untuk memanggil Toast yang berdurasi lama dan memanggil Toast yang berdurasi pendek.

Kita buka “res/layout/main.xml” kemudian isi kode seperti berikut ini dengan masing masing ID yang sudah tertera dalam masing-masing Button-nya. Silahkan salin kode di bawah ini.

 

Baca Juga :  Cara Membuat Tab (TabHost) Sederhana di Android

Jika kita sudah mengatur layout-nya, selanjutnya kita akan mengatur sebuah aksinya yakni di dalam MainActivity.java. Silahkan buka “com/engkungs/toast/MainActivity.java” dan buatlah variabel Button di dalam class MainActivity atau di atas method onCreate.

Selanjutnya menyangkut ID button-nya di dalam method oncreate atau tepat di bawah kode setContentView.

Setelah menyangkutkan ID dari masing masing Button, selanjutnya memberi aksi pada masing masing Button dengan fungsi onClick untuk memanggil Toast-nya.

Dan hasilnya akan menjadi seperti ini

Selesai dan silahkan jalankan proyek aplikasi yang sudah kita buat tadi untuk melihat hasilnya. Dan apabila ada yang masih di tanyakan, tanyakanlah.

Tinggalkan komentar

− 8 = 2