Cara membuat alert dialog dengan mudah di android

2

Alert Dialog merupakan sebuah pemberitahuan yang di munculkan yang sudah di modifikasi oleh pengembang untuk memberikan informasi pemberitahuan yang akan di munculkan. Alert dialog ini hampir sama dengan Toast yang sebelumnya sudah di jelaskan pada tutorial kemarin, namun Alert dialog ini dapat di modifikasi terhadap tampilan-nya seperti menambahkan tombol fungsi, menambahkan layout  ke dalamnya, dan masih banyak lagi.

Secara default-nya variabel dari Alert dialog kode penulisannya adalah “AlertDialog.Builder variabel=… ”  dengan beberapa aksi pada sebuah tombol-tombol yang sudah di tambahkan di dalam Alert dialog itu sendiri. Berikut ini adalah jenis-jenis tombol yang terdapat pada Alert dialog :

  • Positive Button yaitu letak Button aksi terdapat di sebelah kanan bawah dari sebuah Alert dialog. Kode untuk menerapkan-nya ialah setNegativeButton(“Texs Button”, Aksi); atau lihat gambar di bawah ini.
  • Negative Button yaitu Letak Button aksi terdapat di sebelah kiri bawah dari sebuah Alert dialog. Dan kode untuk menerapkan-nya ialah setPositiveButton(“Texs Button”, Aksi); atau lihat gambar di bawah ini.
  • Neutral Button yaitu letak Button aksi terdapat di tengah tengah antara Positive button dan Negative button. Kode untuk menerapkan-nya ialah setNeutralButton(“Texs Button”, Aksi); atau lihat gambar di bawah ini.

Dari tombol-tombol di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi untuk membuat Alert dialog lebih cantik lagi. Dan di sini kita akan membuat Alert dialog sederhana dengan tiga tombol yang akan di tampilkan-nya. Kita akan mencoba membuat Alert dialog tanpa sebuah tombol atau hanya teks saja yang akan di munculkan. perhatikan kode java di bawah ini adalah untuk membuat Alert dialog sederhana dengan teks tanpa menggunakan tombol.

Keterangan

  • setTitle adalah judul dari alert dialog itu.
  • setMessage adalah isi pesan dari alert dialog itu.

Hasilnya lihat gambar di bawah

Sekarang kita mulai praktik membuat Alert dialog dengan membuat sebuah proyek baru. Buatlah sebuah proyek baru dengan nama aplikasi “Contoh alert dialog” kemudian isi package-nya dengan “com.engkungs.alertdialog” untuk menyesuaikan pada praktik kali ini.

Mengatur Layout

Kita buka res/layout/main.xml kemudian isi elemen beserta atribut berikut ini. Layout di sini hanyalah sebuah variasi halaman pertama, kita bisa lewati langkah ini.

Mengatur Java

Selanjutnya kita buka com/engkungs/alertdialog/MainActivity.java setelah jendela editor terbuka, langkah pertama kita membuat alert dialog-nya terlebih dahulu, dan taruh kode di bawah ini di dalam method onCreate.

Kemudian membuat ketiga tombol tadi dengan kode di bawah ini.

Dan hasilnya akan menjadi seperti ini

Kode di atas ini  menggunakan tiga  button dan pada masing masing button tersebut masih belum mempunyai masing masing aksi klik karena saya memberi kode null yang artinya apabila kita tekan tombol tersebut maka hanya mengeluarkan dari mode Alert dialog tersebut.

Selesai dan silahkan jalankan aplikasi yang sudah kita buat tadi. Bertanyalah apabila ada yang perlu di tanyakan tentang cara membuat Alert dialog di atas.

2 Comments
  1. Aziz MAlik says

    izin coba gan

    1. engkungs says

      silahkan gan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

13 + = 18