Cara mudah membuat Switch di android dan fungsinya

0

Switch hampir sama dengan tab yang merupakan komponen tombol yang terdapat dalam pemrograman android dengan fungsi pergantian apabila di geser atau di klik tombolnya. Jadi Switch merupakan komponen sakelar yang terdapat pada aplikasi android.

Switch ini Hampir sama dengan sakelar senter yang kita pakai sehari-hari. Contohnya Pada saat kita menyalakan lampu senter, kita harus menggeser sakelar senter kita menjadi ON, maka lampu senter kita akan hidup. Dan sebaliknya jika sakelar lampu senter kita berada di posisi OFF, maka lampu senter kita akan menjadi mati. Begitulah kira-kiranya.

Dalam membuat Switch ini berbeda dengan Button yang menggunakan aksi setOnClickListener berbeda dengan Switch yang menggunakan aksi klik setOnCheckedChangeListener kemudian ditambah lagi dengan kode if (jika). Kenapa kita menggunakan fungsi if ? karena switch merupakan pergantian fungsi yang berbeda seperti halnya lampu senter tadi. Apabila Switch dalam posisi aktif, maka fungsi akan berbeda dan sebaliknya jika Switch dalam posisi non-aktif maka merupakan fungsi (default).

Disini kita akan mencoba membuat Switch sederhana yang akan di hubungkan dengan Teks yang berbeda. Jika Switch dalam posisi ON maka Teks akan berubah menjadi “Switch Aktif” dan secara default-nya yakni apabila Switch dalam posisi OFF maka teks akan tetap kembali ke default-nya yaitu “Switch Mati”. Gambaran tentang fungsi if  yang berarti jika dan untuk default-nya menggunakan else yang artinya (berarti). jadi begini, Jika (if) Switch aktif, maka teks “Switch Hidup”. Dan apabila Switch tidak Hidup atau mati (else), maka teks “Switch Mati”. Semoga dapat mudah di pahami.

PRAKTIK MEMBUAT SWITCH

Baiklah mari kita mencoba membuat Switch dengan membuat proyek aplikasi baru. Jalankan Tool kemudian buatlah sebuah proyek baru dengan nama aplikasi “Contoh Switch”, selanjutnya isi package-nya dengan “com.engkungs.contohswitch” untuk menyesuaikan dalam praktik kali ini,

Mengatur Layout

Untuk membuat Switch di layout xml kita menggunakan kode Switch dan TextView untuk hasil kerja Switch. Silahkan buka res/layout/main.xml kemudian isi dengan kode di bawah ini dan perhatikan id dari kode Switch dan TextView.

Id yang perlu kita ketahui adalah

  1. switchnya
  2. text_switch

Mengatur java

Setelah kita mengatur layout-nya, selanjutnya kita akan mengatur java-nya untuk menggerkan dari fungsi-fungsi di dalam layout. Silahkan buka com/engkungs/contohswitch/MainActivity.java. Jika sudah terbuka jendela editor-nya maka langkah selanjutnya kita akan membuat variabel dari Switch dan TextView.

Taruh kode di atas di dalam class MainActivity atau di atas method onCreate. Selanjutnya mencocokkan id dari Switch dan TextView. Lihat kode di bawah ini

Kode di atas, taruh di dalam method onCreate letaknya di bawah kode setContentView. Setelah variabel dan id sudah di buat, selanjutnya kita memberi aksi pada switch dengan fungsi setOnCheckedChangeListener atau salin kode di bawah ini dan ingat letak kode masih di dalam method onCreate.

Selanjutnya mengatur teks apabila Switch dalam posisi hidup dan posisi mati dengan menggunakan fungsi if. Kode di bawah ini di letakkan di dalam method onCheckedChangeListener atau di dalam aksi Switch.

Hasilnya akan menjadi seperti ini

Langkah terakhir adalah jalankan aplikasi yang sudah kita buat tadi dan coba kita geser switch menjadi on dan off dan lihat perubahan-nya.

Jadi intinya jika kita membuat sebuah Switch maka kita harus menggunakan fungsi OnChackedChangeListener, if dan else untuk mengoperasikan-nya. Jika masih ada yang kurang di pahami silakan bertanya pada kolom komentar di bawah.

80%
Awesome
  • Design

Leave A Reply

Your email address will not be published.

+ 66 = 73