Cara membuat splash screen atau loading aplikasi di android dengan mudah

0

Splashscreen merupakan suatu perpindahan aktivitas dari aktivitas splash ke aktivitas main. Splash screen sudah tidak asing lagi bagi para pengembang-pengembang aplikasi untuk memberi tampilan pada aplikasi itu sendiri.

Splash screen berfungsi sebagai pengenalan sebuah aplikasi atau hanya mempercantik aplikasi atau berbeda-beda fungsi yang terdapat dalam sebuah aplikasi. Dan kali ini kita akan mencoba membuat Splash screen sederhana yaitu hanya menampilkan loading di sebuah layout yang di operasikan melalui activity.java.

Pada dasarnya dalam pembuatan Splash screen kali ini kita akan menggunakan dua activity yaitu sebagai berikut:

  1. Splash.java merupakan class dari splashscreen itu sendiri dan nantinya akan di berikan durasi waktu dan disini kita menggunakan intent untuk berpindah dari activity ke activity selanjutnya tanpa menggunakan tombol untuk aksinya.
  2. MainActivity.java  merupakan default dari activity aplikasi atau halaman rumah dari aplikasi sendiri.

Jika sudah sedikit di pahami, Kita akan membuatnya. Oh ya, kita membuat splahscreen tanpa menggunakan desain material atau tidak menggunakan tema AppCompat untuk desainnya melainkan menggunakan theme default yaitu desain-desain sebelumnya jadi kita membuat splashscreen dan masih ada actionbarnya.

PRAKTIK

Membuat proyek aplikasi

Mulai, buatlah sebuah proyek aplikasi baru dan beri nama sebagai contoh “Splash”  kemudian isi package-nya yaitu “com.engkungs.splash” untuk menyesuaikan pada praktik kali ini.

Mengatur layout

buka folder res/layout/ kemudian tambahkan layout baru dengan nama splash.xml lalu edit isi dengan kode berikut ini atau kamu bisa mengubahnya dengan sesuka hati.

 

Kemudian buka main.xml lalu edit dan ubah semua kode menjadi berikut ini.

 

Mengatur Java Activity

Buatlah sebuah class baru dengan nama “Splash.java” lalu edit dan masukan kode berikut ini

 

Biarkan saja MainActivity.java secara default keterangan di atas:

Dalam menggunakan durasi kita harus menggunakan kode new Handler().PostDelayed(new Runnable() kemudian angka 2000 merupakan durasi atau waktu splashscreen itu bekerja(nampak).

Menambahkan activity di Androidmanifest

Buka AndroidManifest.xml kemudian ubah sebagai berikut ini dan ingat activity utama(launcher) adalah class splashcreen maka kita harus membalik-kan activity di AndroidManfest. Perhatikan kode berikut ini

 

Keterangan di atas:

Secara defaultnya dari sebuah aactivity android dalam pekerjaannya yaitu saling tumpuk menumpuk. Contohnya Splashscreen ke Activity main. Apabila kita di Activity main(setelah activity Splashscreen) jika kita tekan tombol kembali, maka kita akan di arahkan kembali ke activity splashscreen. Lalu bagaimana agar pada saat kita kembali langsung keluar aplikasi atau tidah kembali ke activity Splashscreen?. caranya yaitu kita cukup menambahkan kode android:noHistory=”true” ke dalam <activity di dalam AndroidManifest.xml seperti kode di atas.

Langkah terakhir yaitu jalankan aplikasi yang telah kita buat tadi dan kita liat hasilnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

34 − 30 =