Mengenal Material Design di android

Matrial Design di android merupakan suatu desain UI/UX terbaru untuk android yang pertama kalinya di kenal-kan oleh Google I/O pada tahun 2014 pada tepatnya di bulan juni. Dengan di luncurkan-nya OS android baru yaitu Android Lolipop (5.0) dengan SDK L versi 21 pada bulan berikutnya atau lebih tepatnya pada bualan Agustus. Secara teknis di salah satu repository code opensource terbesar di dunia yaitu github juga banyak tersedia tentang material design ini. Salah satu resource besar tentang material design ini adalah pada link berikut ini. Repository ini didukung komunitas programer opensource dari berbagai penjuru dunia yang fokus dalam mengembangkan material design pada android baik itu animasi, grafis, typography, layout, atau tampilan lainnya. Anda bisa menggunakan resource dari repository ini untuk menambah daya tarik dari UI yang anda buat. Banyak variasi animasi, style layout, dan design yang bisa anda dapatkan di luar tampilan default yang disediakan oleh android studio

Material Design Android untuk saat ini baru bisa dinikmati bagi para pengguna android di versi Lollipop keatas. Namun untuk aplikasi buatan google seperti Gmail, G+, Google Maps dan lainnya sudah dilakukan update agar smartphone dengan versi OS di bawah Android Lollipop tetap bisa merasakan material design buatan google. Lalu apakah pemilik Android dibawah versi 5.0 dapat merasakan experience material desaign hanya melalui aplikasi milik Google saja? Jawabannya tentu saja tidak. Para pngembang yang ingin mengembangkan aplikasi dengan menerapkan material design di lollipop maupun pre lollipop dapat menggunakan library yang sudah dirilis oleh google yaitu library appcompat-v7 ( com.android.support:appcompat-v7:25* ).

Berikut ini merupakan komponen-komponen atau elemen-elemen dari material design android :

1. RecyclerView

Merupakan Lanjutan dari listview yaitu menampilkan data dengan tampilan list atau grid dengan secara lebih dinamis dan fleksibel.

2. CardView

Fungsi elemen ini adalah sebagai Frame Layout untuk membungkus layout yang ada di dalamnya dengan tampilan seperti kartu. Contoh aplikasi yang menggunakan design cardview adalah Google Play Newsstand. Salah satu ciri khas dari Cardview diantaranya yaitu adanya rounded corner dan shadow untuk efek elevationnya.

3. Toolbar

Toolbar merupakan Actionbar yang lebih mudah di modifikasi. Fungsi dari toolbar yaitu  memodifikasi tampilan toolbar sesuai keinginan kita. Toolbar ini mempunyai view sendiri sehingga untuk mempermudah dalam pembuatannya kita dapat membuat satu file XML yang hanya berisikan elemen toolbar saja. Kemudia kita include kan file toolbar kita ke layout utamanya. Dengan begitu kita tidak terlalu direpotkan jikalau nanti akan mengubah seluruh tampilan toolbar.

3. Color palette

Dalam segi warna, Material design sangatlah berbeda dengan desain-desain sebelumnya yaitu dengan warna yang sedikit mencolok.  Oleh karena itu, material design memiliki color palette tersendiri yang di antaranya sebagai berikut:

  • colorPrimary.
  • colorPrymaryDark.
  • colorAccent.
  • textColorPrimary.
  • windowBackground.
  • navigationBarColor.
  • dan masih banyak lagi.
5. Floating Action Button

Floating action Button merupakan sebuah button yang apa bila di sentuh akan ada icon-icon dengan fungsi fungsi tertentu. Floating Action Button sering juga di sebut FAB yang biasanya menggambarkan fungsi-fungsi berupa aksi berikut ini:

  • Create
  • Favorite
  • Navigate
  • Share
  • Explore
  • dan masih banyak lagi
6. Navigation View

NavigationView merupakan Bentuk baru dari NavigationDrawer untuk navigasi menu yang pada komponen ini mengintegrasikan (inflate) resource menu dalam bentuk xml untuk menjadi item-item menu pada NavigationView.

7. Snackbar

SnackBar memilik Bentuk yang lebih powerful ketimbang Toast yang memungkinkan user untuk memberikan umpan balik pada sebuah aksi tersendiri, misal ketika menghapus sebuah item, maka snackbar akan muncul untuk memberi pemberitahuan penghapusan item atau bisa juga di batalkan dengan sesuai aksi-aksi tertentu.

Elemen-elemen di atas adalah merupakan dasar atau elemen terbaru yang di rekomendasi-kan oleh google kepada para pengembang untuk memulai dalam pembuatan material desain.

Tinggalkan komentar

45 − = 35