Cara membuat Toolbar atau Actionbar di android

Toolbar Merupakan salah satu komponen antar muka dari material desain yang meneruskan dari sebelumnya yaitu ActionBar. Dari segi fitur-nya, Toolbar mudah di atur dari tata letak maupun tampilan-nya.

Repository yang di perlukan
  • AppCompat v7.
Fungsi Toolbar android
  • Mudah di modifikasi.
  • Tampilan lebih relevan.
  • Terdapat tema tema tertentu.
  • dapat di atur dari segi tinggi maupun dari segi tampilan.
  • terdapat efek-efek yang bagus.
  • dan masih banyak lagi.

Untuk membuat Toolbar kita harus menggunakan tema dari repository AppCompat yang wajib di terapkan dalam pembuatannya. Dan juga jika kita mau membuat Toolbar, kita juga harus menghilangkan ActionBar yang terdapat dalam tema AppCompat di bagian tampilan atau (style).

Praktik membuat Toolbar di Android

Membuat Proyek aplikasi baru

Sebelum kita mulai praktik membuat Toolbar, kita harus membuat sebuah proyek aplikasi baru dengan tools masing-masing. Buatlah sebuah proyek aplikasi baru dengan nama “Toolbar android” lalu isi package dengan “com.engkungs.toolbar” untuk menyesuaikan dengan praktik kali ini.

Menghilangkan Actionbar

Bagian pertama dalam membuat Toolbar yakni kita harus menghilangkan Actionbar terlebih dahulu yaitu dengan langkah-langkaah berikut ini :

  1. Buka res/values/styles.xml lalu buka.
  2. Setelah jendela editor terbuka, kemudian hapus semua isinya.
  3. Kemudian isi dengan kode di bawah ini.

Selanjutnya kita membuat 3 warna untuk mewarnai Toolbar dan lain-nya :

  • colorPrimary
  • colorPrimaryDark
  • colorAccent

Salin kode di bawah ini, kemudian masukkan tepat di atas kode </resources>

dan hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini.

Mengatur layout dan menambahkan kode Toolbar

Pada sebuah layout utama kita harus menambahkan kode Toolbar untuk membuat antar muka. Oke langsung saja, silahkan buka res/layout/main.xml kemudian tambahkan kode Toolbar berikut ini.

Atau hapus semua kode yang ada di main.xml kemudian salin kode di bawah ini kemudian tempelkan.

Mengatur kode java

Pada sebuah class Aktivitas kita tidak lagi menggunakan atau me-extends Activity melainkan kita menggunakan atau me-extends AppCompatActivity pada sebuah class. Untuk memulainya silahkan buka com/engkungs/toolbar/MainActivity.java kemudian edit.

Setelah jendea editor terbuka, silahkan cari kode di bawah ini

Seperti yang sudah di jelaskan di atas yaitu kita menggunakan AppCompatActivity untuk menggunakan Toolbar. maka dari itu, kita harus mengubahnya menjadi kode seperti berikut ini.

Oh iya hampir lupa, setelahnya kita harus menghapus import aktivitas yang terdapat di baris atas. Cari kode import.android.app.Activity; kemudian hapus kode tersebut agar tidak terjadi error, atau kita bisa mengubahnya menjadi import.android.support.v7.app.AppCompatActivity; yang sudah di sesuaikan.

Selanjutnya kita membuat variabel Toolbar dengan kode di bawah ini yang di letakkan tepat di bawah kode class MainActivity.

Setelah itu, kita mencocokkan id Toolbar berdasarkan id di layout dan menambahkan kode tambahan untuk menampilkannya.

Hasilnya akan menjadi seperti ini

Kemudian jalankan aplikasi yang telah kita buat tadi untuk melihat hasilnya. Dan jangan lupa perhatikan di bagian import agar tidak terjadi error.

Baca Juga :  Cara membuat splash screen atau loading aplikasi di android dengan mudah

Tinggalkan komentar

36 − = 34