Cara mudah membuat Drawer Layout Sederhana di Android Studio atau AIDE

0

DrawerLayout adalah widget elemen yang di tampilkan apabila di geser dari sebuah sisi samping layout. Drawer layout merupakan salah satu komponen widget dari library (perpustakaan) dari android support v4 dengan penulisan kode yaitu android.support.v4.widget.DrawerLayout.

Create DrawerLayout
gambar Drawer Layout

Para pengembang Aplikasi Android, banyak sekali yang menggunakan drawer layout ini. Biasanya di padukan dengan navigation drawer merupakan desain material (Material Design). di sini kita akan mencoba membuat drawer layout sederhana dengan hanya menampilkan teks saja untuk mempermudah mempelajarinya.

Memulai Membuat DrawerLayout Sederhana dengan Android Studio

Jika kamu masih penasaran cara membuat drawer layout sederhana di android studio, silahkan kita mencoba membuatnya di bawah ini dan simak baik baik.

Membuat Project Drawer Layout Baru

Buka Android Studio atau Buka Aide jika menggunakan Android kamu dan buatlah sebuah proyek baru dengan nama “drawer layout” dan jangan lupa domain package-nya isi dengan “com.engkungs.drawerlayout”  untuk menyesuaikan dalam tutorial membuat drawer layout sederhana ini.

Mengatur Layout drawer layout

Disini kita akan membuat layout yang terdiri dari

  1. activity_main
  2. kontent

Buatlah dua layout dengan nama sesuai list di atas ya. Selanjutnya, buka res/layout/activity_main.xml lalu masukkan kode berikut ini

Keterangan di atas, dalam sebuah pembuatan drawer layout kita menggunakan dua elemen yang terdiri dari konten page dan konten isi drawer, dua halaman ini memiliki sedikit perbedaan kode. untuk layout drawer-nya kita harus menambahkan kode android:layout_gravity=”start” untuk menyembunyikan drawer dan dapat di tarik.

Selanjutnya kita mengisi konten. Buka res/layout/kontent.java lalu masukkan kode berikut ini.

Mengatur Java Drawer Layout

Jika sebelumnya kita sudah membuat kontent layout, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fungsi dari drawer layout itu sendiri. Maka, kita harus mengatur di java-nya. Buka com/engkungs/drawerlayout/MainActivity.java lalu masukkan kode berikut ini.

Menjalankan aplikasi drawer layout

Langkah terakhir adalah build aplikasi dengan cara klik icon run di android studio kamu dan lihat hasilnya.

Download SourceCode drawer layout

Download

Itulah sedikit penjelasan dan tutorial tentang cara membuat DrawerLayout sederhana di Android studio dan semoga dapat mudah di pahami dan dapat bermanfaat ya. Jangan lupa bagikan artikel Cara membuat Drawer Layout Sederhana di Android agar lebih banyak bermanfaat.

80%
Awesome
  • Design

Leave A Reply

Your email address will not be published.

+ 19 = 24