Menampilkan Halaman Error (Custom Error page) pada Webview di Android Studio

Pada postingan terkait dengan tutorial webview, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membuat atau menampilkan halaman kostum pada saat webview tersebut mengalami error.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab error halaman pada sebuah webview yang kita buat :

  • Tidak ada koneksi internet, maupun wifi
  • Alamat atau domain yang di tuju tidak merespon
  • dan masih banyak lagi.

Nah, maksud dari tutorial kali ini yaitu pada saat kita menjalankan sebuah aplikasi webview yang kita buat, apabila terjadi error (error page) atau kendala-kendala di atas, kita akan mengalihkan ke halaman lain yang kita buat offline (kostum error). Semisal, saya menjalankan aplikasi webview saya dan pada saat memuat halaman url yang saya tuju, saya mencoba mematikan koneksi internet saya. Nanti otomatis kan jadi error. dan error tersebut saya akan alihkan ke halaman kostum error yang saya buat sendiri dengan halaman html yang saya letakkan di data assets. Lihat contoh error page di bawah ini.

webview error page example

Jika kamu ingin membuatnya, dalam tutorial ini kita mencoba membuat proyek webview baru dengan kostum error page apabila webview kita mengalami error. Maka, simak tutorial di bawah dengan baik dan semoga mudah di mengerti. Oh iya, sebelumnya baca baca dulu tentang tutorial webview pemula lengkap agar mudah mengikuti tutorial kali ini. Oke langsung saja tutorial di bawah ini.

Membuat Project Baru Webview Error page

Buka android studio kamu lalu buatlah sebuah proyek baru dengan nama “Webview error page”, lalu isi domain packagenya menjadi “com.engkungs.webviewerrorpage” untuk menyesuaikan pada tutorial ini.

Mengatur Layout

Seperti sebelumnya pada saat kita membuat webview pada tutorial sebelumnya. Silahkan kamu buka res/layout/activity_main.xml lalu edit menjadi kode berikut ini.

Baca Juga :  Perbedaan antara Padding dan Margin dalam pemrograman android

 

Kode sederhana di atas saya buat sama dengan tutorial membuat webview pada artikel sebelumnya.

Mengatur Java

Sekarang kamu buka com/engkungs/webviewerrorpage/MainActivity.java, lalu kamu masukan kode berikut ini.

Pada langkah ini kita hampir sama dengan tutorial Cara Membuat WebView dengan Memuat Data Assets Namun perhatikan pada method boolean onPageError. Maksud dari method tersebut ialah halaman yang kita muat di dalam method tersebut akan di tampilkan apabila halaman yang kita muat sebelumnya mengalami kendala error dari beberapa sebab.

Baca Juga :  Cara membuat alert dialog dengan mudah di android

Membuat halaman dengan html di data assets

Sekarang di dalam folder root, kamu buat folder baru dengan nama “assets” setelah itu buatlah file baru dengan nama dan format “error.html” Lalu masukkan kode html di bawah ini yang telah saya siapkan.

 

 

Perijinan Akses Internet

Buka AndroidManifest.xml lalu edit seperti kode berikut ini.

 

Baca Juga :  Pengenalan tentang pemrograman android

Jalankan Aplikasi Webview Error Page

Langkah terakhir adalah menjalankan aplikasi yang telah kita buat tadi. Untuk pengujian, coba buka aplikasi tersebut. Nah pas sudah terbuka dan masih dalam proses pemuatan alamat, coba kamu nonaktifkan atau matikan koneksi internet kamu. Maka kamu akan otomatis di alihkan ke error page yang telah kamu buat tadi dan berhasil.

Download Source Code WebView Error Page

DOWNLOAD LINK

Semoga tutorial menampilkan error page pada sebuah webview di android studio ini sangat bermanfaat dan jika masih bingung atau ada kesalahan, silahkan tinggalkan jejak di komentar.

Tinggalkan komentar

10 + = 20